Skip to main content

Universitas Terbaik di Dunia Versi Times Higher Education 2020

Pendidikan merupakan salah satu aspek krusial dalam kehidupan kita. Pendidikan dipercaya dapat membawa perubahan pada diri sesorang menuju arah lebih baik. Maka dari itu, tak heran jika hampir semua orang mendambakan untuk mendapatkan pendidikan dengan kualitas terbaik baik itu dari pendidikan di bangku sekolah dasar, menengah, atas ataupun perkuliahan. 
Related image
via stmed.net
Di level perkuliahan, banyak dari kita yang mendambakan untuk bisa mengeyam pendidikan pada universitas terbaik di dunia. Banyak yang berpandangan bahwa belajar di kampus terbaik di dunia akan membuka lebih banyak kesempatan kerja maupun peluang untuk mendapatkan hidup yang lebih baik. Lantas, institusi-institusi manakah yang masuk dalam daftar universitas terbaik di dunia? Di postingan kali ini kebun cerita akan membahasnya, 15 universitas terbaik dunia. Daftar ini bersumber dari Times Higher Education World University Ranking 2020.


15. University College London
universitas terbaik di dunia
University College London via ucl.ac.uk
Di urutan ke-limabelas terdapat University College London. Kampus terbaik di dunia yang berdiri sejak 1826 ini terletak di ibukota Inggris, London. Kampus yang diklaim sebagai kampus tertua ketiga di Inggris ini tergabung dalam Russel Group, sebuah asosiasi di Inggris yang menaungi kampus-kampus dengan predikat ‘terbaik’ di negara tersebut. Dikabarkan, University College London memiliki jumlah pelamar postgraduate terbanyak di Inggris, dengan jumlah total mahasiswa yang mendaftar sebanyak lebih dari 19.000. Nilai overall yang diberikan Times Higher Education kepada kampus ini adalah 87,1 dari 100.

14.  Eidgenössische Technische Hochschule Zürich (ETH Zurich)
kampus terbaik di dunia
ETH Zurich via ethz.ch
Di urutan selanjutnya terdapat ETH Zurich. Universitas yang terletak di Zurich, Switzerland ini telah berdiri sejak tahun 1855. Universitas yang menyandang status sebagai public university ini tercatat memiliki mahasiswa dengan jumlah total sebanyak lebih dari 20.000. Dengan jumlah total mahasiswa asing yang hampir mencapai 40 persen, kampus ini mengakui dua bahasa pengantar di dalam kelas yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Jerman. Salah satu universitas terbaik dunia ini mendapat score 88.3 pada Times Higher Education.

13. University of California, Berkeley
universitas terbaik dunia
University of California, Berkely via standforddaily.com
Nomor 13 di daftar universitas terbaik dunia diisi oleh University of California, Berkeley. Universitas ini sendiri terletak di Berkely, California, Amerika serikat. Berdiri sejak tahun 1868, universitas ini telah menjadi flagship universitas-universitas di California. Universitas yang memiliki motto ‘let there be light’ ini memiliki jumlah mahasiswa yang mencapai lebih dari 40.000. Menyandang status universitas terbaik di dunia, University of California, Berkeley telah melahirkan banyak lulusan-lusan ternama sebut saja Zulfikar Ali Bhutto (Presiden ke-empat Pakistan), Steve Wozniak (Salah satu pendiri Apple.Inc), dan Daniel Kahneman (Peraih Nibel di bidang Ekonomi). Nilai 88.3 diberikan oleh Times Higher Education kepada universitas ini.

12. Johns Hopkins University
Kampus terbaik di dunia
Johns Hopkins University via pionline.com
Di urutan berikutnya terdapat Johns Hopkins University. Universitas yang terletak di Baltimore, Maryland ini terkenal sebagai salah satu pencetus ide penggabungan antara teaching dan research pada universitas. Dimasa lalu, teaching dan research meruapakan dua hal berbeda yang tidak mungkin didapatkan atau dilakukan secara bersamaan baik oleh mahasiswa maupun praktisi akademis di kampus. Sebagai kampus terbaik di dunia, Johns Hopkins University hingga saat ini telah memiliki kampus-kampus yang tersebar di beberapa negara seperti Itali, Cina dan Singapur. Kampus ini sendiri memperoleh nilai 89.2 pada Times Higher Education.

11. University of Pennsylvania
universitas terbaik di dunia
University of Pennsylvania via washingtonpost.com
Universitas yang didirikan oleh Benjamin Franklin pada tahun 1740 ini tergabung dalam The Ivy League. Universitas dengan jumlah mahasiswa lebih dari 21.000 ini terkenal sebagai universitas pertama di dunia yang membuka collegiate business school. Universitas ini juga diketahui sebagai universitas kedua di Amerika yang membuka jurusan kedokteran hewan. Dengan nilai 89.6, University of Pennsylvania dinobatkan oleh Times Higher Education sebagai universitas terbaik dunia di urutan ke-sebelas.

10. Imperial College London
Image result for imperial college london
Imperial College London via imperial.ac.uk
Imperial College London dibangun on Pangeran Albert pada tahun 1851. Terletak di pusat kota London dan meraih gelar sebagai universitas terbaik dunia, Imperial College London sangat terkenal di kalangan mahasiswa internasional. Tercatat 59 persen dari jumlah total mahasiswa di kampus ini datang dari negara di luar Inggris. Kampus ini sendiri tercatat memiliki jumlah mahasiswa dengan nominal lebih dari 17.000. Universitas ini mendapatkan nilai 89.8 pada Times Higher Education.

9.    University of Chicago
Related image
University of Chicago via commons.wikimedia.org
University of Chicago didirikan pada tahun 1890. Universitas yang menyandang status sebagai private university ini menonjol di bidang ekonomi, hukum, matematik, agama, sosiologi dan juga politik. Universitas ini memiliki kampus-kampus yang tersebar di beberapa kota-kota dunia seperti London, Paris, Beijing, Delhi dan Hongkong. Sebagai salah satu universitas terbaik di dunia, University of Chicago telah menelurkan banyak alumni-alumni ternama seperti Satya Nadella (Microsoft CEO) dan Milton Friedman (peraih nobel di bidang Ekonomi). Times Higher Education memberi nilai 90.2 untuk universitas ini.

8.    Yale University
Image result for yale university
Yale University via Linkedin.com
Didirikan pada tahun 1701, Yale University dinobatkan sebagai unversitas tertua ketiga di Amerika serikat. Universitas dengan jumlah total mahasiswa tidak kurang dari 13.000 ini tergabung dalam private ivy league research university. Universitas ini meraih nilai 91.7 pada Times Higher Education.

7.    Harvard University
Image result for harvard university
Harvard University via collegeconsensus.com
Digadang-gadang sebagai salah satu universitas terbaik di dunia, kepopuleran Harvard University di kalangan mahasiswa di seluruh penjuru dunia tidak dapat diragukan lagi. Universitas yang didirikan pada tahun 1636 ini mendapatkan kucuran dana pendidikan sebesar kurang lebih 40 miliar dollar, menjadikannya sebagai universitas di dunia dengan dana pendidikan terbesar. Times Higher Education sendiri memberikan nilai 93 untuk kampus yang terletak di Massachusetts ini.

6.    Princeton University
Image result for Princeton university
Princeton University via visitprinceton.org
Princeton University didirikan pada tahun 1746. Terletak di Princeton, New Jersey universitas ini menyandang status sebagai suburban and college town. Sebagai salah satu kampus terbaik di dunia, Princeton University memiliki banyak alumni ternama. Sejauh ini, tercatat terdapat 65 peraih nobel yang terafiliasi dengan kampus ini. Universitas ini mendapatkan nilai dengan raihan sebesar 93.2 pada Times Higher Education.

5.    Massachusetts Institute of Technology
Image result for MIT
MIT via trolleytours.com
Kampus yang terkenal dengan akronim MIT nya ini didirkan pada tahun 1861. Dengan perkembangan yang menonjol di bidang science modern, engineering, mathematics, dan technology, MIT terkenal sebagai kampus terbaik di dunia dan tempat terbaik untuk belajar bagi mereka yang tertarik untuk menggeluti bidang sains. Kampus yang terletak di Cambridge, Massachusetts ini meraih nilai 93.6 pada Times Higher Education.

4.    Standford University
Image result for stanford university
Standford University via www-csli.standford.edu
Didirikan pada tahun 1891 oleh salah satu Gubernur California, Stanford University memiliki reputasi yang sangat tinggi baik di bidang akademik, selektifitas, dan atletik. Untuk bidang atletik, tercatat 270 medal Olympic telah berhasil diraih baik oleh mahasiswa maupun alumni kampus ini. Dengan jumlah alumni penerima nobel mencapai angka 83, maka tak heran jika kampus yang terletak di Standford, California ini banyak dan sering disebut sebagai universitas terbaik dunia. Times Higher Ranking sendiri memberikan poin sebesar 94.3.

3.    University of Cambridge
Image result for university of cambridge
University of Cambridge via medium.com
Pada urutan ke-tiga terdapat University of Cambridge. Universitas yang didirikan pada tahun 1209 ini dinobatkan sebagai universitas tertua kedua di Inggris. Universitas yang memiliki tingkat reputasi dan kepopuleran yang sangat baik memiliki jumlah mahasiswa dengan jumlah kurang lebih sebanyak 20.000. Tergabung dalam Russel Group dan memiliki jumalh penerima nobel sebanyak 117, maka tak heran jika University of Cambridge dinobatkan sebagai kampus terbaik di dunia. Universitas yang terletak di Cambridge, England ini mendapatkan nilai sebesar 94.4 pada Times Higher Education.
  
2.    California Institute of Technology
kampus terbaik di dunia
California Institute of Technology via  p2sinc.com
Universitas yang terletak di Pasadena, California ini terkenal dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang menonjol pada bidang science dan engineering. Kampus yang didirikan pada tahun 1891 ini jumalah mahasiswa yang tidak lebih dari 2233. Times Higher education memberikan nilai 94.5 pada institusi pendidikan ini.
  
1.    University of Oxford
Universitas terbaik di dunia
University of Oxford via ox.ac.uk
Di posisi puncak terdapat University of Oxford. Didirikan pada tahun 1906, University of Oxford dinobatkan sebagai unversitas tertua di dunia. Menyandang status sebagai public research university, Oxford University memiliki budget pendidikan sebesar 2237 juta pound sterling. Terletak di Oxford, England kampus ini terkenal dengan statusnya sebagai university town. Dengan penerima nobel sebanyak 69 orang dan jumlah alumni yang menjadi pedana Menteri Inggris sebanyak 28 orang, maka tak heran jika Oxford University dinobatkan sebagai kampus terbaik di dunia di urutan pertama. Nilai yang diberikan Times Higher Education sendiri adalah 95.4.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Soal Argumentative Text dan Kunci Jawabannya (Floating Breakfast)

Halo sahabat kebuncerita apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan contoh soal argumentative text . Contoh soal ini dapat kalian gunakan untuk melatih kemampuan membaca kalian ataupun dapat juga digunakan sebagai bahan latihan membaca murid di dalam kelas. Jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya jika kalian ini menggunakan contoh soal reading ini.   Baca Juga:  Contoh Soal Narrative Text dan Kunci Jawabannya (The Man, The Boy and The Donkey) Baca Juga :  Contoh Soal Narrative Text dan Kunci Jawabannya (The Grasshoper and The Toad)   The floating breakfast via https://cococollection.com If you follow luxury resorts or travel influencers on Instagram, odds are good that you have seen at least one "floating breakfast." In case you are not familiar with them, here is what to know: they are your typical upscale hotel room service breakfast -- think toast, fruit, coffee, and the like -- served in a pool or hot tub instead of in bed. Usually, they are placed

Contoh soal test TOEFL dan Pembahasannya |Set 3

Halo sahabat Kebun Cerita, apa kabarnya? Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan contoh soal TOEFL dan cara pengerjaannya. Contoh soal test Bahasa Inggris ini diadaptasi buku Barron’s How to Prepare the TOEFL. Contoh soal TOEFL ini dapat kalian gunakan sebagai bahan latihan untuk mengukur kemampuan grammar Bahasa Inggris kalian. Selamat membaca dan mengerjakan.  Contoh soal Test TOEFL dan Pembahasannya | Set 1 Contoh soal Test TOEFL dan Pembahasannya | Set 2 Contoh soal Test TOEFL dan Pembahasannya | Set 3 via https://wallpaperaccess.com 1.     … small specimen of the embryonic fluid is removed from a fetus, it will be possible to determine whether the baby will be born with birth defects. a.      A b.     That a c.      If a d.     When it is a 2.     To generate income, magazine publishers must decide whether to increase the subscription price or… a.      to sell advertising b.     if they should sell advertising c.      selling adve

The Legend of Putri Cermin Cina || Jambi Folklore (English Version)

This Folklore or Cerita Rakyat happened in a place in Jambi Province, Indonesia. The story tells about the life of Putri Cermin Cina. This story is written in English and to read story in Bahasa Indonesia please click here! Long time ago, there was a kingdom in Jambi that was ruled by a king named Sultan Mambang Matahari. Sultan Mambang Matahari had a son named Tuan Muda Selat and a daughter named Putri Cermin Cina. The son of the king was handsome but he was such a reckless boy while the daughter is beautiful. She had a white skin like a Chinese girl and because of the skin she had then she was call “Putri Cermin Cina”. One day, a well-known merchant visited the kingdom. That merchant name was Tuan Muda Senaning. He and his crews visited the kingdom because they had some trade business. The arrival of Tuan muda Senaning was welcome kindly by the king. The king then welcomed Tuan Muda Senaning with a banquette. Together with his son and his daughter, the king asked Tuan mu