Skip to main content

Contoh soal test TOEFL dan Pembahasannya |Set 3

Halo sahabat Kebun Cerita, apa kabarnya? Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan contoh soal TOEFL dan cara pengerjaannya. Contoh soal test Bahasa Inggris ini diadaptasi buku Barron’s How to Prepare the TOEFL. Contoh soal TOEFL ini dapat kalian gunakan sebagai bahan latihan untuk mengukur kemampuan grammar Bahasa Inggris kalian. Selamat membaca dan mengerjakan. 
contoh soal grammar TOEFL
via https://wallpaperaccess.com
1.    … small specimen of the embryonic fluid is removed from a fetus, it will be possible to determine whether the baby will be born with birth defects.
a.     A
b.    That a
c.     If a
d.    When it is a

2.    To generate income, magazine publishers must decide whether to increase the subscription price or…
a.     to sell advertising
b.    if they should sell advertising
c.     selling advertising
d.    sold advertising

3.    If it receives enough rain at the proper time, hay will grow quickly, as grass.
Which of the following word/phrase is grammatically inaccurate?
a.     if
b.    enough
c.     will grow
d.    as

4.    Psychology Today is interesting, informative, and it is easy to read.
Which of the following word/phrase is grammatically inaccurate?
a.     is
b.    interesting
c.     it is
d.    easy

5.    Before she died, Andrew Jackson’s daughter, who lives in the family mansion, used to take tourists through her home.
a.     before
b.    who
c.     lives
d.    used to take

Pembahasan

1.    Jawaban: if a (c). Terdapat dua kalimat dalam soal nomor 1. Dalam Bahasa Inggris, dua atau lebih kalimat tidak dapat berdampingan tanpa adanya konjungsi/conjunction. Contoh: I am eating, my brother is watching TV. Kalimat tersebut salah secara gramatika. Kalimat tersebut dapat diperbaiki dengan menambahkan konjungsi, “and” misalnya sehingga menjadi “I am eating and mybrother is watching TV. Mengikuti aturan ini, maka pilihan A dan B dapat kita eliminasi. Dalam Bahasa Inggris, if digunakan untuk menyatakan pengandaian, jika A terjadi maka B akan terjadi, contohnya. Sedang “when” digunakan untuk menyatakan sesuatu yang terjadi hampir secara bersamaan, ketika A terjadi, B terjadi. Soal nomor 1 di atas menyatakan “pengandaian” bukan dua kejadian yang terjadi hampir bersamaan. Maka, jawaban yang teepat adalah “If a”.

2.    Jawaban: to sell advertising (a). Soal nomor 2 dapat kita jawab dengan menggunakan konsep parallelism, dimana kita menggunakan jenis kata yang sama dalam suatu kalimat. Pada soal nomor 2 terdapat kata “to increase”, yang mana adalah “to + v1”. Maka, verb yang mengikuti setelah kata “to increase” harus memiliki jenis yang sama yaitu “to + v1”. Olehkarenanya, jawaban yang tepa tatas soal ini adalah “to sell advertising.”

3.    Jawaban: as (d). Terdapat perbedaan antara “as” dan “like”, yaitu:
§  “as” memiliki arti “sebagai” sedangkan “like” memiliki arti “seperti.” Perhatikan contoh dua kalimat berikut.
a.     “As your brother, I will help you clean your room.” (Sebagai kakakmu, aku akan membantumu membersihkan kamar).
b.    “Like your brother, I will help you clean your room.” (Seperti kakakmu, aku akan membantumu membersihkan kamar).
Pada soal nomor 3, pembuat soal ingin mengilustrasikan persamaan pertumbuhan “hay” dengan “grass”. Maka, kata “as” tidak tepat di kalimat tersebut dan harus diganti dengan “like”.

4.    Jawaban: it is (c). Soal nomor 4 dapat kita jawab dengan menggunakan konsep parallelism. Terdapat kata “interesting” dan “informative” dalam soal, yang merupakan “adjective”. Maka, kata yang mengikuti kata kata ini harus ditulis dalam bentuk “adjective”. Kata “it is easy” adalah “clause/klausa”. Maka untuk mengubahnya menjadi “adjective” kita hanya perlu menghapus kata “it is” karena “easy” sendiri merupakan “adjective”. Jadi, jawaban untuk soal nomor 4 adalah “it is”.

5.    Jawaban: lives (c). Kalimat di atas menceritakan kejadian yang terjadi di masa lampau dan ditulis dalam “past tense”. Penggunaan “lives” tidak tepat karena kata kerja ini mengindikasikan “present tense”. “Lives” dalam soal di atas harus diganti dengan “lived”.

Baiklah sekian contoh soal TOEFL yang dapat kami berikan, semoga contoh soal ini bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk membagikan contoh soal Bahasa Inggris ke yang lainnya. Terima kasih dan sampai jumpa lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Soal Argumentative Text dan Kunci Jawabannya (Floating Breakfast)

Halo sahabat kebuncerita apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan contoh soal argumentative text . Contoh soal ini dapat kalian gunakan untuk melatih kemampuan membaca kalian ataupun dapat juga digunakan sebagai bahan latihan membaca murid di dalam kelas. Jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya jika kalian ini menggunakan contoh soal reading ini.   Baca Juga:  Contoh Soal Narrative Text dan Kunci Jawabannya (The Man, The Boy and The Donkey) Baca Juga :  Contoh Soal Narrative Text dan Kunci Jawabannya (The Grasshoper and The Toad)   The floating breakfast via https://cococollection.com If you follow luxury resorts or travel influencers on Instagram, odds are good that you have seen at least one "floating breakfast." In case you are not familiar with them, here is what to know: they are your typical upscale hotel room service breakfast -- think toast, fruit, coffee, and the like -- served in a pool or hot tub instead of in bed. Usually, they are placed

The Legend of Putri Cermin Cina || Jambi Folklore (English Version)

This Folklore or Cerita Rakyat happened in a place in Jambi Province, Indonesia. The story tells about the life of Putri Cermin Cina. This story is written in English and to read story in Bahasa Indonesia please click here! Long time ago, there was a kingdom in Jambi that was ruled by a king named Sultan Mambang Matahari. Sultan Mambang Matahari had a son named Tuan Muda Selat and a daughter named Putri Cermin Cina. The son of the king was handsome but he was such a reckless boy while the daughter is beautiful. She had a white skin like a Chinese girl and because of the skin she had then she was call “Putri Cermin Cina”. One day, a well-known merchant visited the kingdom. That merchant name was Tuan Muda Senaning. He and his crews visited the kingdom because they had some trade business. The arrival of Tuan muda Senaning was welcome kindly by the king. The king then welcomed Tuan Muda Senaning with a banquette. Together with his son and his daughter, the king asked Tuan mu