Skip to main content

Langkah Menjaga Kolestrol Saat Hari Raya Idul Adha


      Minggu ini umat muslim di seluruh dunia sedang merayakan hari ya Idul Adha. Biasannya, hari raya ini identik dengan pemotongan hewan kurban seperti sapi, kambing, dan domba. Selain itu, hidangan berbahan dasar daging yang diolah menjadi berbagai jenis makanan juga menjadi ciri khas hari raya yang biasa disebut dengan lebaran haji ini.
      Menyantap makanan ini memang tak ada buruknya namun jika berlebihan bisa menimbulkan gangguan kesehatan seperti naiknya kadar kolestrol dalam tubuh. Lantas bagaimana cara menyiasatinya? Kebuncerita kali ini akan memberikan langkah menjaga kolestrol saat hari raya.

 
Redang
Rendang, makanan yang hampir selalu ada di momen lebaran via http://www.indonesia-recipe.com
1.      Kurangi memakan kulit ayam
Walaupun tidak menjadi hewan yang dikurbankan, ayam selalu menjadi bahan dasar hidangan favorit saat hari raya tiba. Harga yang terjangkau dan mudahnya dalam mengolah menjadikan ayam sebagai hidangan yang hampir tidak bisa dilewatkan saat momen kumpul bersama.
     Tapi tahukan kalian jika terdapat bagian dari ayam yang berpotensi menaikan kadar kolestrol di dalam tubuh? Ya, betul sekali! Bagian tersebut adalah kulit ayam. Kulit ayam memang terasa gurih dan nikmat sehingga sulit rasanya untuk tidak memakannya. Namun dibalik kenikmatannya, kulit ayam ternyata mengandung 132 miligram kolestrol per 100 gram-nya. Jumlah yang sangat banyak jika kulit tersebut dimakan secara berlebihan. Sesekali sih tidak apa-apa untuk mengkonsumsinya, tetapi jangan sampai berlebihan ya!

2.      Kurangi makanan dengan kuah bersantan
Opor ayam dan rendang adalah contoh dari beberapa olahan berbahan daging yang lazim kita temui saat momen lebaran. Kedua jenis makan tersebutpun menggunkanan santan kelapa yang tidak sedikit jumlahnya. Santan memang membuat rasa dalam makanan bertambah gurih dan nikmat tetapi bahan makanan ini juga dapat menaikan kadar kolestrol dalam tubuh kita.
100 ml santan saja ternyata dapat menaikan kadar kolestrol dalam tubuh sebanyak 90%. Nah, coba sekarang bayangkan! Berapa banyak kenaikan kadar kolestrol yang akan kalian dapatkan jika kalian memakan olahan berbhan dasar santan kelapa secara berlebihan? Tentunya akan sangat banyak, kan!

3.      Kurangi makanan dengan kadar gula yang tinggi
Selain olahan yang memiliki cita rasa gurih, olahan manis juga menjadi salah satu jenis makanan yang tidak boleh tidak dihidangkan dalam momen lebaran. Makanan seperti kue bolu, lapis, ataupun minuman seperti es sirup, es kopyor pun terhidang banyak di hadapan kita.
Makanan atau minuman ini sejatinya tidak berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Yang menjadi berbahaya adalah ketika kita mengkonsumsinya dalah jumlah diluar batas. Rasa manis dalam olahan tersebu berasal dari gula, yang mana jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan kegemukan atau penimbunan lemak yang berahir pada naikanya kadar kolestrol karena kolestrol tersebut sulit dilarutkan.

4.      Perbanyak konsumsi sayuran
“Gempuran” olahan berbahan daging saat Idul Adha mungkin menyebabkan kita enggan untuk memakan makanan lain seperti sayuran. Padahak, sayuran sudah terbukti secara ilmiah mampu menjaga kesehatan tubuh dan salah satunya adalah dengan menjaga kadar kolestrol dalam tubuh. Sayuran seperi bayam ternyata mampu menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Mengkonsumsi bayam setiap hari baik dalam bentuk sup, ataupun jus mampu menyemimbangkan kolestrol di dalam tubuh.
Selain bayam, kedelai juga mampu menjaga tubuh dari naiknya kolestrol. Kedelai mengandung isoflavin yang berfungsi untuk menekan kolestrol jahat dari dalam tubuh. Ada baiknya dalam penyajiannya, kedelai dimasaik dengan minyak zaitun bukan dengan minyak biasa.

Sekian langkah menjaga kolestrol saat hari raya. Semoga langkah tersebut bermanfaat karena sejatinya kesehatan adalah hal yang utama dalam kehidupan. Karena tanpanya, makanan seenak apapun tidak akan terasa.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Soal Argumentative Text dan Kunci Jawabannya (Floating Breakfast)

Halo sahabat kebuncerita apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan contoh soal argumentative text . Contoh soal ini dapat kalian gunakan untuk melatih kemampuan membaca kalian ataupun dapat juga digunakan sebagai bahan latihan membaca murid di dalam kelas. Jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya jika kalian ini menggunakan contoh soal reading ini.   Baca Juga:  Contoh Soal Narrative Text dan Kunci Jawabannya (The Man, The Boy and The Donkey) Baca Juga :  Contoh Soal Narrative Text dan Kunci Jawabannya (The Grasshoper and The Toad)   The floating breakfast via https://cococollection.com If you follow luxury resorts or travel influencers on Instagram, odds are good that you have seen at least one "floating breakfast." In case you are not familiar with them, here is what to know: they are your typical upscale hotel room service breakfast -- think toast, fruit, coffee, and the like -- served in a pool or hot tub instead of in bed. Usually, they are placed

Contoh soal test TOEFL dan Pembahasannya |Set 3

Halo sahabat Kebun Cerita, apa kabarnya? Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan contoh soal TOEFL dan cara pengerjaannya. Contoh soal test Bahasa Inggris ini diadaptasi buku Barron’s How to Prepare the TOEFL. Contoh soal TOEFL ini dapat kalian gunakan sebagai bahan latihan untuk mengukur kemampuan grammar Bahasa Inggris kalian. Selamat membaca dan mengerjakan.  Contoh soal Test TOEFL dan Pembahasannya | Set 1 Contoh soal Test TOEFL dan Pembahasannya | Set 2 Contoh soal Test TOEFL dan Pembahasannya | Set 3 via https://wallpaperaccess.com 1.     … small specimen of the embryonic fluid is removed from a fetus, it will be possible to determine whether the baby will be born with birth defects. a.      A b.     That a c.      If a d.     When it is a 2.     To generate income, magazine publishers must decide whether to increase the subscription price or… a.      to sell advertising b.     if they should sell advertising c.      selling adve

The Legend of Putri Cermin Cina || Jambi Folklore (English Version)

This Folklore or Cerita Rakyat happened in a place in Jambi Province, Indonesia. The story tells about the life of Putri Cermin Cina. This story is written in English and to read story in Bahasa Indonesia please click here! Long time ago, there was a kingdom in Jambi that was ruled by a king named Sultan Mambang Matahari. Sultan Mambang Matahari had a son named Tuan Muda Selat and a daughter named Putri Cermin Cina. The son of the king was handsome but he was such a reckless boy while the daughter is beautiful. She had a white skin like a Chinese girl and because of the skin she had then she was call “Putri Cermin Cina”. One day, a well-known merchant visited the kingdom. That merchant name was Tuan Muda Senaning. He and his crews visited the kingdom because they had some trade business. The arrival of Tuan muda Senaning was welcome kindly by the king. The king then welcomed Tuan Muda Senaning with a banquette. Together with his son and his daughter, the king asked Tuan mu