Skip to main content

"Don't Breathe" Review



Hai guys! Kali ini gue bakal nge-review film yang barusan gue tonton semalem dengan lampu yang gue padamkan (ga penting banget sebenernya gue ngasih info ini tapi ya tak apalah). Film yang bakal gue review ini adalah salah satu film dengan genre thriller tahun 2016. Dan judul dari film ini adalah “Don’t breathe”
Kebun cerita cerita rakyat cerita daerah folklore kisah rakyat cerita rakyat tradisional kisah seram nyata cerita seram belajar bahasa inggris

FILM APAAN SIH?
Yup! Seperti judulnya, film ini mengisahkan tentang orang yang ga bernafas a.k.a ga ambekan kalau Bahasa Perancisnya, wkwkwk, I am joking. Okay film yang disutradarai oleh Paman gue,”Fede Alvarez”, ini mengisahkan tentang kehidupan 3 orang pembobol rumah yang mengalami pengalaman menegangkan saat membobol sebuah rumah di kawasan “hantu (“ghost” neighborhood).
Wooooooooooooooo!!!!!!!!!!!!! Tunggu dulu! Sebelum gue ceritain tentang alur cerita film ini, lebih baik kita kenalan dulu ama sang sutradara. Tiba-tiba gue pengen ngasih sedikit perkenalan kepada lo semua tentang paman gue ini. Lo semua udah pada tau kan siapa Fede Alvarez? What? Belum? Doi itu adalah orang yang sama yang membuat film “Evil Dead”, lo harus tahu film ini, dan kalo lo ga tau juga, yaudah gapapa sih tapi sayang aja gitu loh. Jadi segitu aja sih sebenernya perkenalan buat sutradara film ini, gue cuma mau ngenalin film keren lainnya yang udah dia buat. Ga penting kan?
Okay! Seperti yang udah gue sebutkan di atas, film ini mengisahkan 3 orang anak muda yang mempunyai “pekerjaan” membobol rumah-rumah orang kaya untuk diambil barang berharganya. Di scene awal film ini diperlihatkan bagaimana 3 anak muda itu yang terdiri dari Rocky (cewe ya), Alex (cowo), dan money (cowo, damn namanya aneh-aneh lol) membobol sebuah rumah elit dan ngambilin laptop, perhiasan, sepatu, i-pad, dan semua barang berharga dirumah tersebut.
Hingga suatu ketika, Rocky berbicara bahwa ia ingin pindah ke California bersama adik kecilnya karena ia ga tahan tinggal dengan nyokapnya yang janda dan pemabuk dan suka bawa laki kerumah (wwkkwkwk). Nah, disini, Alex yang punya “rasa” sama Rocky bilang kalau ia ga bisa ikut karena ia masih punya keluarga di kota dimana mereka tinggal. Money, yang juga punya rasa sama Rocky sih bilang gapapa, tapi kita sekarang punya satu misi buat “membobol” satu rumah lagi sebelum doi ama Rocky dan adik kecilnya pindah ke California. Dan rumah terahir yang ingin mereka bobol adalah rumah veteran tentara Amerika yang pernah bertugas di Iraq.
Nah, berhubung bokapnya Alex adalah petugas yang bekerja di security company (gue ga paham sebenarnya ini perusahaan apaan tapi di film diperlihatkan kalo bokapnya Alex punya akses ke system keamanan di setiap rumah di Detroit) maka Alex pun dipaksa untuk ikut. Awalnya Alex tidak setuju dengan rencana tersebut setelah ia tahu bahwa pemilik rumah yang ditargetkan untuk dibobol itu adalah seorang veteran perang dengan kisah hidup yang tragis,dimana anak gadisnya meninggal karena ditabrak oleh seorang gadis lain dari keluarga kaya. Orangtua si penabrak pun memberikan uang settlement (uang damai lah kalau di sini) sebanyak 30K dollar (30 rebu kalo lo ga tau berapa 30K). Nah uang settlementnya itulah yang diincar oleh Money dan Rocky.
Karena ga setuju buat bobol rumah veteran yang juga buta karena perang di Iraq ini, maka balik lah Alex ke rumah. Saat nyampai di rumah, Alex nerima SMS dari Rocky yang isinya Rocky menghiba Alex untuk nolongin dia. Karena memang lelaki lemah dengan hibaaan wanita, ahirnya Alex pun setuju buat bobol rumah Veteran buta tersebut. SMH…
Pagi hari sebelum mereka bobol rumah itu, mereka bertiga melakukan investigasi ke daerah atau neighborhood dimana veteran itu tinggal. Disini ketauan deh, kalau Veteran itu tinggal di “Ghost” town karena rumah di sana pada ditinggalin dan cuma si veteran aja yang masih “stay”. Dari hasil investigasi, mereka tahu kalo si veteran punya anjing Bulldog (mungkin Bulldog, soalnya gue ga paham jenis-jenis anjing lol) yang super galak yang selalu nemanin dia.
Oke singkat cerita, mereka bertiga berhasil masuk rumah setelah mereka berhasil “menidurkan” bulldog galak yang menjaga rumah dengan seonggok daging yang telah diberi pil tidur. Saat masuk rumah, Money, yang dari awal udah ketebak pasti mati duluan karena tingkahnya yang tengil, mulai berulah, seperti ia nyalain lampu. Well, Money berpikir “Si veteran kan buta, mana mungkin dia bisa ngelihat kita nyalain lampu”.
Nah kejadian menegangkan terjadi saat Money berhasil menemukan kamar di mana veteran tidur. Nah saat masuk kamar, Money ngelihat Veteran tidur di kasur dengan posisi membelakanginya. Money pun mengambil botol disakunya dan memasukan sesuatu di dalam botol itu (gue kira si itu obat sleeping gas). Nah saat ia menusuk botol itu biar gas nya keluar, botol itu pun bunyi, nah pas bunyi tiba-tiba si veteran udah duduk aja di kasur dengan pandangan tajam. Di sini gue kira Money bakal mati karena ketahuan masuk rumah veteran. Tetapi ternyata tidak, veteran itu malah balik tidur, dan Money pun keluar kamar buat ngasih tahu teman-temannya kalau dia berhasil “menidurkan” si veteran.
Nah setelah itu, mereka bertiga pun mencari ruangan dimana uang settlement itu disimpan. Sampai pada ahirnya, pandangan mereka tertuju pada ruangan yang di gembok. Berusaha membuka gembok tetapi gagal, Money pun langsung mengeluarkan pistol untuk menembak gembok tersebut. Alex pun jiper nih (jiper apaan bang? Jiper itu keder a.k.a ceming a.k.a gemeteran) karena ia ga nyangka kalo Money bakal bertindak sejauh ini sampe bawa senjata. Setelah berdebat kecil ala film Hollywood, ahirnya ditembaklah pintu itu. Nah ketika gembok itu jatuh ke lantai, tiba-tiba sang veteran mucul di samping Money dan di sini momen yang menengangkan. Kenapa? Karena memang sang veteran ga bisa melihat tapi pendengaran setajam kampret, wkwkkww. Jadi waktu Money bergerak dan lantai rumah yang terbuat dari kayu berdenyit, sang Veteran tau kalau ada orang di rumah. Dan di sini perkelahian yang menewaskan Money pun terjadi. Ketegangan ga berhenti sampai di sini. Ini malahan awal ketegangan itu sendiri. Di sini, Alex dan Rocky yang tahu Money dibunuh ole Veteran berusaha kabur, tapi sayang, jendela rumah yang awalnya dipecah sebagai jalur masuk mereka udah ditutup papan oleh sang veteran dan jendela rumah lainnya udah dipasang teralis. Mau ga mau, mereka ahirnya kejar-kejaran sama sang veteran. Apakah mereka berdua mati? Apakah sang veteran yang mati? Apakah uang berhasil ditemukan? Nah buat tahu ahir cerita ini, lo semua harus nonton, masa gue yang ceritain, dibayar berapa gue sama kalian, wkwkkwkw.

APA YANG ‘MEH” DI FILM INI?
Ya seperti pepatah “Tiada gading yang tak retak” maka film yang berating 7,3 di IMDB ini pun punya beberapa kejanggalan dan juga gap di sana sini. Well at least gue udah nemuin scene yang janggal, aneh, ga-banget, dan gap di film yang berhasil meraup pendapatan 152-an juta dollar ini, yaitu:
1.      Rumah sang veteran itu ada di Buena Vista Street Detroit, yang mana ini di kenal sebagai “Ghost” neighborhood di film. Nah masalahnya adalah, di Film ga diceritain kenapa wilayah ini ditinggalkan penghuni, dan kenapa sang veteran menjadi “the last man standing” yang tetep bertahan di rumah ini. Jadi Cuma sesimple itu, Money Cuma bilang kalo wilayah ini adalah “ghost” neighborhood dan udah sampai itu aja ga dijelasin apa-apa. Meh banget kan. Dan gue pun iseng Google “Buena Vista St” dan yang muncul malah tempat hiburan di Disneyland California wkwkkw.
2.      Di film diceritain bahwa semua jendela di rumah sang veteran udah di kasih teralis kecuali jendela yang di dapur. Nah ada scene yang bakal buat lo “cringe” alias mengangkat alis keheranan. Scene itu adalah ketika Alex terjebak di sebuah kamar bersama anjing sang veteran. Dan saking lemahnya, Alex pun terlempar keluar dari jendela ketika diserang anjing itu. Pertanyaannya adalah? Bukanya jendelanya diteralis ya? Kok dia terlempar keluar sih? Apakah ada teralis serapuh itu yang patah ketika terkena badan manusia sehingga manusia tersebut bisa terlempar keluar jendela? Padahal dari film terlihat kalau teralisnya dari besi yang lumayan gede. Ga masuk akal banget emang. Jadi bete gue beneran. WKWKKW
Kebun cerita cerita rakyat cerita daerah folklore kisah rakyat cerita rakyat tradisional kisah seram nyata cerita seram belajar bahasa inggris
Alex saat liat jendela kamar diteralis

Kebun cerita cerita rakyat cerita daerah folklore kisah rakyat cerita rakyat tradisional kisah seram nyata cerita seram belajar bahasa inggris
Alex saat terlempar keluar dari jendela yng diteralis. Hedeh!!!!

3.      Ketiga, ada scene dimana sang veteran saat memeriksa rumah-ketika ia berhasil membunuh Money-tiba-tiba ia terhenti dan ia mencium bau yang tidak familiar di rumah itu, yaitu bau sepatu Alex, Money dan Rocky. Sang Veteran pun mengambil sepatu dan mengendusnya, yuck!!!!!! Dan ia sadar ada 3 bau kaki yang berbeda wkwkkw, yang berarti ada 3 orang di rumahnya. Pertanyaanya adalah? Kan waktu si veteran bunuh Money, ada Rocky di samping Money, kenapa si veteran ga sadar dari bau badan Rocky kalau ada orang lain selain Money di Rumah. Eh si veteran malah terus ngebacot sambil nanya “Is there someone else in this house?” Hedeh, bener-bener yak, bikin gue pingin gibeng juga ni sutradara, wkwkkkww.
4.      Keempat, ini agak spoler sih lo bisa skip ini dan ntar kalo lo udah liat filmnya baru baca hahaha. Di film kan diceritain kalau yang nabrak putri si veteran sampe mati itu gadis anak orang kaya. Nah di cerita terungkap kalo sang veteran nangkap gadis orang kaya itu dan disekap di basement rumahnya. Pertanyannya? Kemana orang tua gadis kaya itu? Kok ga nyariin sih? Kok cuma disekap di bawah rumah si veteran yang digembok aja ga ketemu? Kok?Kok?Kok?Kok? Emang keliatan detail kecil sering dilewatkan ama paman gue yang satu ini.
5.      Nah yang terahir nih berhubungan dengan acting si veteran yang diperankan oleh Stephen Lang. Jadi ada scene dimana Stephen Lang learns that the girl killing his own daughter was dead in his house because of his own gun. Terus ketika ia tau gadis tersebut mati ketembak, ia teriak. Nah acting teriaknya ini loh, ga greget banget. Why wouldn’t Alvarez hire me instead? I can scream better that Mr.Lang did. Lol, tapi beneran itu acting dia teriaknya ga greget banget, ga keliatan seremnya. Padahal acting Lang sebelumnya di film Avatar (Avatar biru ya bukan Avatar the Legend of Aang the Movie yang sampah abis) itu quite good loh. Ah sudahlah, mungkin karena ia udah tua. Tapi itu bukan alasan, tapi ya sudahlah. Lol

IMHO
Well film ini bagus banget, beneran, apalagi kalo lo nonton malem-malem sambil lo matiin lampu ruangan lo, tegangnya bakal kerasa banget. Dan biar lebih tegang, gue saranin nontonya pake earphone. If I were to give a score for this movie, well I’d give 8 out of 10 lah ya.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Soal Argumentative Text dan Kunci Jawabannya (Floating Breakfast)

Halo sahabat kebuncerita apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan contoh soal argumentative text . Contoh soal ini dapat kalian gunakan untuk melatih kemampuan membaca kalian ataupun dapat juga digunakan sebagai bahan latihan membaca murid di dalam kelas. Jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya jika kalian ini menggunakan contoh soal reading ini.   Baca Juga:  Contoh Soal Narrative Text dan Kunci Jawabannya (The Man, The Boy and The Donkey) Baca Juga :  Contoh Soal Narrative Text dan Kunci Jawabannya (The Grasshoper and The Toad)   The floating breakfast via https://cococollection.com If you follow luxury resorts or travel influencers on Instagram, odds are good that you have seen at least one "floating breakfast." In case you are not familiar with them, here is what to know: they are your typical upscale hotel room service breakfast -- think toast, fruit, coffee, and the like -- served in a pool or hot tub instead of in bed. Usually, they are placed

Contoh soal test TOEFL dan Pembahasannya |Set 3

Halo sahabat Kebun Cerita, apa kabarnya? Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan contoh soal TOEFL dan cara pengerjaannya. Contoh soal test Bahasa Inggris ini diadaptasi buku Barron’s How to Prepare the TOEFL. Contoh soal TOEFL ini dapat kalian gunakan sebagai bahan latihan untuk mengukur kemampuan grammar Bahasa Inggris kalian. Selamat membaca dan mengerjakan.  Contoh soal Test TOEFL dan Pembahasannya | Set 1 Contoh soal Test TOEFL dan Pembahasannya | Set 2 Contoh soal Test TOEFL dan Pembahasannya | Set 3 via https://wallpaperaccess.com 1.     … small specimen of the embryonic fluid is removed from a fetus, it will be possible to determine whether the baby will be born with birth defects. a.      A b.     That a c.      If a d.     When it is a 2.     To generate income, magazine publishers must decide whether to increase the subscription price or… a.      to sell advertising b.     if they should sell advertising c.      selling adve

The Legend of Putri Cermin Cina || Jambi Folklore (English Version)

This Folklore or Cerita Rakyat happened in a place in Jambi Province, Indonesia. The story tells about the life of Putri Cermin Cina. This story is written in English and to read story in Bahasa Indonesia please click here! Long time ago, there was a kingdom in Jambi that was ruled by a king named Sultan Mambang Matahari. Sultan Mambang Matahari had a son named Tuan Muda Selat and a daughter named Putri Cermin Cina. The son of the king was handsome but he was such a reckless boy while the daughter is beautiful. She had a white skin like a Chinese girl and because of the skin she had then she was call “Putri Cermin Cina”. One day, a well-known merchant visited the kingdom. That merchant name was Tuan Muda Senaning. He and his crews visited the kingdom because they had some trade business. The arrival of Tuan muda Senaning was welcome kindly by the king. The king then welcomed Tuan Muda Senaning with a banquette. Together with his son and his daughter, the king asked Tuan mu