Dimana Cerita dipetik dan dibaca

Kesan-kesan Kuliah di University of Bristol


Hi semua, lama tak jumpa. Akhir-akhir ini gue lagi sibuk dengan tugas kuliah dan tugas ahir. Itulah sebabnya gue ga ada waktu untuk menulis blog. Tapi jangan khawatir, mulai hari ini gue akan berusaha untuk aktif kembali membagikan pengalaman gue, khususnya ketika gue kuliah di Inggris.

Nah sebagai postingan pembuka setelah lama tidak menulis, gue akan membagikan sekelumit kesan-kesan yang gue rasakan ketika kuliah di University of Bristol .

Gue dan teman kelas

1.        Dosen yang lebih friendly
Jujur hal pertama yang gue rasakan di bulan-bulan pertama kuliah di University of Bristol adalah dosen-dosen di sini lebih tidak 'kaku', dalam artian mereka sangat bersahabat dan terbuka dengan opini yang disampaikan oleh mahasiswa. Bahkan saking menghargainya mereka dengan opini mahasiswa, mereka jarang sekali memotong pendapat mahasiswa meskipun apa yang diutarakan mahasiswa tersebut bertentangan dengan pendapat mereka dan agak tidak masuk akal.

2.      Sistem Penilaian yang Holistic
Nah karena di sini gue belajar postgraduate study, system penilian yang pihak kampus berikan kepada gue bukan paper-based test layakan anak undergraduate. Mereka menilai pencapaian (kebanyakan ) mahasiswa postgraduate di sini dengan memberikan tugas menulis essay. Terdengar gampang si, namun believe me it’s not an essay task. Why?  Karena ketika menulis essay lo harus menyusun argument lu dengan baik dan lo ga bisa asal meletakan opini tanpa ada statement pendukung atau fakta yang menguatkan argument lo.
Jadi, hal yang gue rasakan ketika menulis essay adalah, gue merasa bodoh dan kurang membaca karena gua sangat-sangat minim akan informasi. Terlebih, gue harus menulis essay dalam Bahasa Inggris, yang notabene bukan Bahasa pertama gue.
Namun di balik semua itu, gue merasakan sistem penilaian ini sangat bagus. Kenapa? Karena sistem ini menilai kemampuan dan pemahaman kita mengenai sebuah topik secara menyeluruh.

3.      Teman-teman yang beragam
Nah ini hal yang sangat gue suka dari kuliah di luar negeri. Gue kuliah di University of Bristol dan mengambil jurusan TESOL (Teaching English to Speakers of Other Languages).Nah, mahasiswa yang ada di kelas gue beragam dari Chinese, Korean, British, Arabic, Iranian, dll. Malaupun secara jumlah, mahasiswa di dalam kelas didominasi oleh Chinese, gue tetap dapat merasakan pengalam berinteraksi dengan orang yang berasal dari budaya yang berbeda. Gue bisa belajar banyak mengenai sudut pandang mereka tentang sesuatu; tentang teman dan waktu misalkan.
The fact that I am the only Indonesian in my class menambah keuntungan dalam segi berinteraksi menggunakan Bahasa Inggris. Gue, mau ga mau, harus selalu selalu berinteraksi dengan mereka menggunakan Bahasa Inggris setiap saat. Nice !

Udah, sekian dulu ya pengalaman yang gue bisa tulis mengenai kesan-kesan yang gue rasakan ketika belajar di University of Bristol. Insha Allah akan gue sambung di lain kesempatan.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kesan-kesan Kuliah di University of Bristol "

  1. PROMO FREECHIP YANG BIKIN BERLIMPAH DAN DIJAMIN KEMENANGAN ANDA SEKARANG !!!HOKI KAMU ADA DISINI BURUAN !!!

    ReplyDelete