Dimana Cerita dipetik dan dibaca

Belajar Bahasa Inggris || ARTICLE

Belajar Bahasa Inggris || Bahasa Inggris sebagai salah satu Bahasa Internasional sudah barang pasti banyak digunakan di semua aspek kehidupan, mulai dari perdagangan, pendidikan, hiburan sampai pertemanan. Oleh karenanya sudah sewajarnya kita harus belajar Bahasa Inggris dan menguasai skill berbahasa Inggris agar dapat bersaing di kancah atau pergaulan internasional.

Pada dasarnya terdapat dua skill dalam Bahasa Inggris yaitu skill aktif dan juga skill pasif. Speaking dan writing adalah skill aktif dalam Bahasa Inggris. Sedangkan Listening dan reading merupakan skill pasif.  Selain itu, terdapat juga yang dinmakan sub-skill, yaitu komponen bahasa Inggris yang mendukung kedua skill aktif dan pasif tersebut. Salah satu sub-skill dalam Bahasa Inggris adalah grammar.
 
Belajar Grammar Bahasa Inggris
Belajar Bahasa Inggris via https://files.tofugu.com
Mempelajari grammar Bahasa Inggris dalam proses belajar tidak kalah pentingnya. Nah karenanya, dalam kesempatan kali ini kebuncerita akan membagikan artikel grammar yang dapat kalian semua pelajari. Topik grammar Bahasa Inggris kita kali ini adalah “Article”. Selamat Belajar!


1.      DEFINISI
Istilah “Article” dalam Grammar Bahasa Inggris mengacu pada kata-kata dalam Bahasa Inggris yang memodifikasi sebuah kata benda (noun). Pada dasarnya, fungsi “article’ sama dengan fungsi “adjective” yaitu memodfikasi noun. Perbedannya adalah, jika “adjective” mejelaskan noun seperti pada “beautiful girl” maka article berfungsi memberi acuan kepada noun sperti pada “a book”.

2.      ATURAN PENGGUNAAN ARTICLE
Terdapat beberapa aturan dalam penggunaan article yaitu:
(A) Article “a” digunakan pada generic noun. Generic noun adalah kata benda umum. Generic noun tidak digunakan untuk merepresentasikan kata benda spesifik tetapi ia digunakan sebagai sebuah symbol dari noun keseluruhan.
Contoh: A banana is yellow.
Kata “banana” pada kalimat di atas merepresentasikan “banana” pada umumumya buka “banana” secara spesifik.

(B)  Ketika membicarakan generic noun, maka kita bisa untuk tidak menggunakan article pada countable plural noun.
Contoh:
ü  Bananas are yellow. (“Banana” yang dibicarakan pada kalimat tersebut adalah “banana” secara umum).
ü  Working college students should be able to manage their time. (“Students” yang dibicarakan pada kalimat tersebut bukan “students” secara spesifik tetpai “students” secara umum.)

(C)  Article “a” atau “an” digunakan untuk indefinite noun.
Indefinite noun adalah kata benda yang tidak spesifik, maksudnya adalah dalam konteks percakapan hanya penutur yang mengetahui noun tersebut sedangkan mitra tutur (yang diajak bicara) tidak mengetahuinya. Contoh:
Andy: I ate a banana this morning before breakfast
Donny: Oh that’s good for you!
Dalam konteks percakapan di atas, hanya Andy yang tahu “banana” yang mana yang ia makan, sedangkan Donny tidak.

(D) Selain “tanpa article”, untuk menyatakan generic noun, kita juga bisa menggunkan “some”, “a few”, “several”, atau a lot of” pada countable plural noun.
Contoh:
Ann: What do you need now Clark?
Clark: Well, I need some candles/a few candles/ several candles/ a lot of candles right now.
Pada konteks pembicaran di atas Ann tidak tahu dengan pasti jumlah dan “candles” yang mana yang dibutuhkan oleh Clark.

(E)  Article “The’ digunakan untuk definite noun.
Definite noun adalah kata benda yang spesifik, maksudnya adalah dalam konteks percakapan penutur dan mitra tutur sama-sama mengetahuinya noun yang sedang dibicarakan.
Tom: I just saw the girl we were talking about last night?
Bob: I did too. Gosh, she just looks so mesmerizing!
Pada konteks pembicaraan di atas, baaik Tom maupun Bob sama-sama tahu “The girl” yang sedang mereka bicarakan.
Catatan: Article “The” bisa digunakan pada countable noun (baik singular maupun plural) dan juga pada uncountable noun.

(F)  “The “digunakan ketika sebuah “indefinite noun” disebutkan kedua kalinya dalam kalimat.
Contoh:
I am broke right now and I need to talk to my brother to borrow some money. If I get the money needed, I promise that I will use it wisely.

(G) Article “a” digunakan untuk noun yang diawali dengan consonant sound sedangkan article “an” digunakan untuk article yang diawali dengan vocal sound.
Catatan: Yang menjadi disini adalah “sound” bukan “huruf” karena terkadang dalam Bahasa Inggris terdapat kata yang diawali dengan huruf vocal tetapi dibaca dengan sound consonant dan sebaliknya diawali dengan huruf consonant dan dibaca dengan sound vocal. Contoh: University – a university, hour- an hour.
Untuk lebih memahami materi ini, jangan lupa untuk mengerjakan latihan soal Bahasa Inggris di sini ya.

Baiklah! Sekian artikel Grammar Bahasa Inggris yang kebuncerita dapat berikan. Semoga artikel ini dapat membantu kalian semua belajar Bahasa Inggris dan membuatnya menjadi lebih mudah. Ahir kata, terimakasih sudah mengunjungi kebuncerita. Jangan lupa untuk selalu kunjungi blog ini untuk mendapatkan informasi bermanfaat lainnya. Sampai jumpa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar Bahasa Inggris || ARTICLE "

Post a Comment